Checklist Audit ISO 45001

Checklist Audit ISO 45001 akan membantu perusahaan maupun organisasi dalam memahami serta mengimplementasikan standar ISO 45001 ini dengan tepat. ISO 45001 adalah bentuk standar internasional yang dikeluarkan dan diterbitkan oleh international organization for standardization (ISO) untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (OHS), yang diterbitkan pada Maret 2018.

Checklist audit ISO 45001 adalah panduan yang digunakan untuk memandu perusahaan saat menilai sistem management K3 dan menentukan apakah sudah sesuai dengan standar ISO 45001. Selain itu, checklist ini dapat digunakan oleh perusahaan ketika mempersiapkan sertifikasi ISO dengan mencakup pertanyaan audit ISO 45001 yang relevan berdasarkan klausul utamanya.

Checklist Audit ISO 45001

Dalam checklist ISO 45001 terdapat 7 klausul yang akan dikelompokkan ke dalam beberapa bagian, seperti:

      • Konteks organisasi
      • Kepemimpinan
      • Perencanaan
      • Mendukung
      • Operasi
      • Evaluasi kinerja
      • Peningkatan

    Untuk memberikan panduan lebih lanjut bagi perusahaan yang akan menggunakan checklist audit mengenai bagaimana bagian-bagian yang harus diaudit, berikut adalah bagian utama yang harus ada, seperti :

    1. Kepemimpinan dan partisipasi pekerja, hal ini untuk memastikan bahwa management puncak telah berkomitmen untuk menyediakan tempat kerja yang aman serta sehat dan bahwa pekerja telah terlibat dalam pengembangan, penerapan, dan perbaikan sistem secara berkelanjutan.

    2. Identifikasi bahaya, penilaian risiko, dan pengendalian yang bertujuan untuk mengidentifikasi bahaya, menilai risiko, dan menerapkan pengendalian untuk menghilangkan atau meminimalkan risiko.

    3. Tujuan, target, dan indikator kinerja yang berfungsi untuk menetapkan tujuan dan target terukur untuk sistem management K3, serta memantau dan mengukur kinerja terhadap tujuan dan target tersebut.

    4. Komunikasi, partisipasi, dan konsultasi yang bertujuan untuk memastikan adanya saluran komunikasi yang efektif bagi pekerja untuk melaporkan masalah kesehatan dan keselamatan dan bahwa mereka telah diajak berkonsultasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan K3.

    5. Evaluasi kinerja yang bertujuan untuk melakukan audit internal terhadap sistem management K3 dan meninjau data kinerja untuk mengidentifikasi peluang perbaikan secara berkelanjutan.

    —————————————————–

    Solusmart Consulting sebagai perusahaan konsultasi yang terpercaya dalam melakukan konsultasi ISO siap membantu Anda dalam memberikan konsultasi yang efektif serta profesional yang akan dilakukan oleh para tenaga ahli. Segera kunjungi website Solusmart Consulting untuk informasi lebih lanjut atau hubungi kami!

    Kontak Kami

    Konsultasikan Kebutuhan Anda

    ×

    Halo!

    Klik untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

    × Layanan Konsultasi