iso 27001 isms

ISO 27001 ISMS atau information security management sistem merupakan sebuah standar internasional yang dikeluarkan oleh international organization of standardization (ISO). Standar ini mempunyai sejumlah kerangka kerja yang dapat membantu perusahaan dalam menerapkan, mengelola, dan juga mempertahankan keamanan informasi. 

ISO 27001 sendiri adalah standar keamanan informasi yang telah dibuat oleh international organization for standardization. Tujuannya adalah untuk membantu perusahaan melindungi sejumlah aset informasi penting. Penerapan standar ISO 27001 sistem manajemen keamanan informasi sangat penting untuk dilakukan terutama di era teknologi seperti saat ini. Perusahaan yang telah menerapkan ISO 27001 dapat mengevaluasi dan meningkatkan sistem keamanan supaya tidak mudah terkena serangan siber.

Baca juga: Apa itu ISO 27001 dan kenapa sangat penting untuk bisnis

Pentingnya isu keamanan informasi

Perkembangan digital yang semakin memudahkan masyarakat dalam beraktivitas kini mempunyai masalah serius yang mengintai yaitu serangan siber. Serangan siber sendiri banyak sekali jenis dan tujuannya, namun yang pasti serangan siber ini mempunyai dampak negatif yang sangat merugikan seperti kehilangan data atau informasi penting yang dapat disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Di Indonesia sendiri serangan siber sering terjadi, terutama dalam 3 tahun terakhir. Contohnya seperti kasus kebocoran data yang menyerang BRI life pada Juli 2021, BPJS kesehatan pada Mei 2021, cermati dan lazada pada tahun 2020, tokopedia pada tahun 2020, dan KPU pada Mei 2020 lalu. Maraknya kasus pencurian data menjadi indikasi bahwa perusahaan maupun organisasi belum terlalu aware dalam melindungi data dan informasi penting. Maka dari itu, isu keamanan informasi menjadi isu yang sangat penting dan harus segera diantisipasi supaya dapat terbebas dari risiko serangan siber.

Baca juga: Pentingnya sertifikasi ISO 27001 terkait sistem keamanan IT

ISO 27001 sebagai standar keamanan informasi

ISO 27001 sebagai panduan sistem manajemen keamanan informasi dapat membantu perusahaan melindungi sistem manajemen dari risiko serangan siber yang mengintai. Bahkan, dalam menangani permasalahan siber di Indonesia pemerintah telah mengeluarkan kebijakan sebagai berikut: 

  1. Penyelenggara sistem elektronik strategis dan juga penyelenggara sistem elektronik tinggi wajib menerapkan standar ISO 27001. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 4 tahun 2016.
  2. RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) yang mengatur tentang definisi data pribadi, jenis, hak kepemilikan, lembaga berwenang yang mengatur data pribadi, dll.

Baca juga: Pentingnya implementasi ISO 27001 untuk akses data Dukcapil

Konsultasikan setiap kebutuhan ISO Anda termasuk ISO 27001 bersama Solusmart Consulting. Kami siap membantu perusahaan Anda menerapkan sistem manajemen yang efektif dan efisien.Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website Solusmart Consulting.

Diskusikan kebutuhan Anda

Kami siap memberikan konsultasi dan pendampingan sertifikasi

Hubungi kami sekarang

×

Halo!

Klik untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi