peningkatan keamanan informasi di sektor industri

Memasuki era digital 4.0 serta pertumbuhan teknologi yang semakin masif dan modern memang sangat membantu berbagai sektor bisnis dalam menjalankan berbagai aktivitas, bahkan penggunaan teknologi sudah dianggap lumrah dan menjadi aspek penting yang tidak dapat dipisahkan. Namun, dibalik kemudahan yang diberikan ternyata penggunaan teknologi juga mempunyai berbagai risiko yang mengintai. Oleh karena itu, meningkatkan keamanan informasi sangat penting untuk melindungi data, menjaga integritas sistem, dan memastikan kontinuitas bisnis.

Pentingnya Keamanan Informasi

Insiden keamanan informasi yang sering terjadi di berbagai industri menunjukkan bahwa sistem jaringan keamanan informasi telah menjadi target bagi organisasi ilegal dan peretas. Banyak industri penting terkait dengan ekonomi nasional dan mata pencaharian masyarakat, seperti industri listrik, minyak bumi, petrokimia, dan militer, menghadapi ancaman keamanan jaringan yang parah dan meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu sangat penting bagi perusahaan untuk dapat meningkatkan sistem keamanan supaya mencegah dan meminimalisir menjadi target sasaran peretas.

Untuk dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan sistem keamanan yang ada, perusahaan dan sektor bisnis wajib menerapkan SMKI ISO 27001 sebagai pedoman Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Standar ini memiliki kerangka kerja untuk melindungi informasi penting yang mencakup kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasi, termasuk data pelanggan, informasi keuangan, dan informasi rahasia lainnya.

Baca juga : Waspada! Ransomware Masih Mengintai di 2024

Urgensi Keamanan Informasi di Sektor Industri

Keamanan siber menjadi aspek yang harus dijaga terutama di industri digital yang semakin pesat. Hadirnya ISO 27001 membawa peran penting terkait urgensi keamanan informasi di sektor industri, seperti: 

  1. Perlindungan data sensitif

ISO 27001 dapat membantu perusahaan dalam melindungi data sensitif. Standar ini meningkatkan sistem keamanan supaya dapat terhindar dari serangan siber yang mengakibatkan kehilangan data dan informasi penting yang tersimpan.

  1. Kepatuhan data regulasi

Standar ISO 27001 dapat menunjukkan bahwa perusahaan telah patuh terhadap persyaratan dan regulasi yang berlaku dan telah berkomitmen penuh dalam menjaga keamanan informasi.

  1. Pengelolaan risiko

Berbagai risiko serangan siber masih menjadi permasalahan yang harus dihadapi. Oleh karena itu, hadirnya ISO 27001 sebagai standar sistem manajemen keamanan informasi akan membantu perusahaan dalam mengelola risiko yang lebih baik.

  1. Kepercayaan pelanggan

Saat ini pelanggan akan lebih percaya terhadap perusahaan yang mampu menjaga data dan informasi penting milik pelanggan dan perusahaan yang telah menerapkan ISO 27001 akan mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan lebih efektif.

  1. Peningkatan keamanan sistem

ISO 27001 memberikan pedoman yang jelas mengenai sistem manajemen keamanan informasi, pedoman ini akan mampu meningkatkan keamanan sistem informasi sesuai dengan standar internasional.

Baca juga : Pengamanan Informasi dan Audit TI dalam Penyelenggaraan Tata Kelola TI Bank

Cara Meningkatkan Keamanan Informasi dengan ISO 27001

SMKI ISO 27001 mempunyai peran penting dalam meningkatkan sistem keamanan informasi. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda berhasil dan efektif dalam penerapan ISO 27001 pada perusahaan.

  1. Mendapatkan komitmen manajemen 

Manajemen harus memahami manfaat dari sistem manajemen mutu dan berkomitmen untuk menyediakan sumber daya yang diperlukan.

  1. Dapatkan dukungan dari tim pendukung 

Anda juga akan membutuhkan dukungan dari tim terkait yang akan menerapkan sistem manajemen mutu

  1. Buat kebijakan keamanan informasi 

Kembangkan kebijakan keamanan informasi yang mencerminkan komitmen terhadap keamanan informasi.

  1. Kembangkan pernyataan penerapan

Kembangkan pernyataan yang mendokumentasikan kontrol yang akan diterapkan untuk mengelola risiko yang teridentifikasi.

  1. Merancang prosedur dan instruksi kerja

Membuat prosedur dan instruksi kerja untuk mendukung penerapan kontrol ISO 27001.

  1. Lakukan audit internal

Audit internal adalah cara yang sangat berguna untuk memantau pekerjaan Anda dan memastikan bahwa sistem manajemen keamanan informasi telah efektif dan sesuai dengan persyaratan ISO 27001.

Baca juga : Potensi Bisnis Cyber Security di Era Digital 

Diskusikan kebutuhan Anda

Kami siap memberikan konsultasi dan pendampingan sertifikasi

Hubungi kami sekarang

×

Halo!

Klik untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi