apa itu penetration testing

Pada era digital seperti sekarang ini hampir semua sektor bisnis telah melibatkan teknologi digital. Keamanan sistem informasi menjadi salah satu hal krusial yang harus diutamakan oleh perusahaan, terutama dalam menjaga Informasi penting yang bersifat rahasia.

Penerapan ISO 27001 berfokus dalam membangun dan menerapkan keamanan informasi di perusahaan. Standar ini dinilai jauh lebih efektif untuk meminimalisir terjadinya risiko keamanan siber di organisasi. Dalam hal ini, penetration testing merupakan salah satu metode pengujian terhadap serangan keamanan informasi yang dapat digunakan perusahaan untuk membantu memenuhi persyaratan ISO 27001.

Baca juga: Mengukur Keberhasilan Uji Penetrasi

Apa itu penetration testing

Apa itu penetration testing (pentest) atau penguji penetrasi adalah salah satu metode pengujian keamanan informasi yang berperan dalam mengevaluasi dan mengukur sejauh mana tingkat keamanan sistem perusahaan terhadap berbagai bentuk serangan yang dihadapi.

Pentest merupakan salah satu cara terbaik untuk menemukan kerentanan yang dapat dieksploitasi di lingkungan perusahaan. Prosesnya sendiri dimulai dengan mengidentifikasi kerentanan, mengeksploitasi kelemahan keamanan yang terkait dengan kerentanan tersebut, dan meniru segala sesuatu selain serangan cyber aktif jika memungkinkan.

Baca juga: Pengelolaan kontrol akses dalam ISO 27001

Apakah penetration testing dibutuhkan dalam ISO 27001?

Untuk meningkatkan sistem keamanan yang lebih efektif, perusahaan dapat melakukan penetration testing melalui proses implementasi sistem manajemen ISO 27001. Dalam hal ini penetration testing akan mengevaluasi serta melakukan identifikasi terhadap kelemahan yang terdapat pada sistem keamanan. Penetration testing akan melakukan sejumlah analisis dan juga pemantauan sistem untuk mengevaluasi sejauh mana sistem keamanan rentan terhadap serangan. 

Uji penetrasi membantu organisasi memenuhi persyaratan kontrol 8 ISO 27001 terkait teknologi. Pengujian ini memberikan analisis mendalam terhadap kerentanan spesifik pada rangkaian serangan yang diterima. Sehingga langkah ini sangat tepat untuk mengidentifikasi kerentanan teknis dan dampak sistemiknya. Selain penilaian kerentanan, langkah ini juga memberikan analisis kerentanan tingkat tinggi secara luas.

Baca juga: Perbedaan penetration testing vs vulnerability assessment

Tujuan penetration testing

Terdapat lima (5) tujuan utama penetration testing, yaitu:

  1. Melakukan Identifikasi kerentanan dan ancaman yang tidak diketahui oleh sistem;
  2. Mengecek efektivitas kebijakan keamanan (security policies) yang telah dibuat oleh perusahaan;
  3. Menguji setiap komponen yang dapat diakses untuk publik seperti firewall, router, dan DNS;
  4. Menentukan langkah antisipasi yang tepat untuk meminimalisir terjadinya risiko serangan
  5. Mencari celah yang dapat menyebabkan pencurian data

Baca juga: Menguji keberhasilan uji penetrasi

Manfaat penetration testing

Melakukan penetration testing mempunyai sejumlah manfaat yang berguna bagi perusahaan dalam meningkatkan sistem keamanan dan juga meminimalisir risiko yang merugikan.

  1. Mengetahui seberapa tingkat keamanan suatu sistem atau jaringan komputer pada perusahaan
  2. Mengetahui kerentanan yang mungkin ada dalam suatu sistem atau jaringan komputer sehingga dapat diambil tindakan untuk memperbaikinya.
  3. Mengetahui bagaimana cara peretas dapat masuk ke dalam suatu sistem atau jaringan komputer sehingga perusahaan dapat mengambil langkah antisipasi untuk mencegah hal tersebut.
  4. Mengetahui kemampuan tim penetrasi dalam mencari kerentanan atau kelemahan dalam suatu sistem atau jaringan komputer.

Baca juga: 5 tools penetration testing gratis

Solusmart Consulting siap membantu Anda memenuhi kebutuhan konsultasi implementasi dan pendampingan sertifikasi ISO 27001. Layanan kami menggunakan tenaga profesional yang handal dan berpengalaman di bidangnya. Dapatkan layanan konsultasi terpercaya dengan proses cepat, tepat dan harga terjangkau.

Segera hubungi kami melalui kontak yang tertera atau kunjungi website Solusmart Consulting untuk informasi lebih lanjut.

Diskusikan kebutuhan Anda

Kami siap memberikan konsultasi dan pendampingan sertifikasi

Hubungi kami sekarang

×

Halo!

Klik untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi