Menerapkan pengendalian keamanan

Menerapkan pengendalian keamanan sesuai dengan standar ISO 27001 yang befokus tentang sistem management keamanan informasi akan membantu perusahaan maupun organisasi dalam melindungi data dan juga informasi penting lainnya dari risiko yang mengancam.

ISO 27001 berisikan sejumlah pedoman dan juga standar yang telah dikeluarkan oleh international standardization organization (ISO) versi terbaru dari ISO 27001 adalah versi 2022. Standar ISO ini memberikan kerangka kerja untuk menerapkan, mengelola, serta mempertahankan keamanan informasi perusahaan maupun organisasi.

Baca juga : Pentingnya sertifikasi ISO 27001 terkait sistem keamanan IT

Pengertian Pengendalian keamanan

Pengendalian kontrol keamanan atau security control adalah pengamanan atau tindakan penanggulangan untuk menghindari, mendeteksi, menangkal, atau meminimalkan risiko keamanan terhadap properti fisik, informasi, sistem komputer, atau aset lainnya. Dalam bidang keamanan informasi, pengendalian tersebut melindungi kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi.

Kontrol keamanan bertujuan untuk mengurangi atau memitigasi risiko terhadap aset keamanan informasi. Hal ini mencakup segala jenis kebijakan, prosedur, teknik, metode, solusi, rencana, tindakan, atau perangkat yang dirancang untuk membantu mencapai tujuan tersebut.

Baca juga : Kenali 14 daftar kontrol anex A pada ISO 27001

Menerapkan pengendalian keamanan dalam ISO 27001

Berikut 3 (tiga) proses penerapan dan juga implementasi pengendalian keamanan, diantaranya :

1. Identifikasi risiko

Identifikasi risiko merupakan proses untuk mengidentifikasi segala bentuk dan jenis ancaman serta berbagai macam risiko yang mungkin akan terjadi.

2. Pemilihan security control yang tepat

Selanjutnya setelah melakukan identifikasi risiko maka perusahaan harus memilih security control yang tepat, pemilihan security control harus didasari pada analisis risiko dan perusahaan harus memprtimbangkan segala jenis serangan dan risiko yang mungkin terjadi.

3. Implementasi dan pengujian

proses terakhir yaitu melakukan implementasi dan pengujian yang harus dilakukan secara hati-hati, teratur, dan mencangkup penetration testing, pengujian keamanan jaringan, dan juga pengujian aplikasi.

Baca juga : Apa itu penetration testing

——————————————————

Solusmart Consulting sebagai perusahaan konsultasi sistem management paling terkemuka siap membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan ISO 27001 yang akan dilakukan oleh para tenaga ahli profesional.

Informasi lebih lanjut segera kunjungi website Solusmart Consulting atau hubungi kami!

Kontak Kami

Konsultasikan Kebutuhan Anda

×

Halo!

Klik untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi