Apa itu ISO 22000

ISO 22000 adalah standar internasional yang digunakan untuk manajemen keamanan pangan. Standar ini memberikan panduan tentang bagaimana mengelola keamanan pangan dalam rantai pasokan makanan, mulai dari produksi hingga konsumen akhir. ISO 22000 dirancang untuk membantu organisasi dalam industri makanan mengidentifikasi risiko-risiko potensial yang terkait dengan keamanan pangan dan mengimplementasikan kontrol yang diperlukan untuk mengurangi risiko tersebut.

Manfaat ISO 22000

image
Keamanan Pangan yang Ditingkatkan

ISO 22000 membantu organisasi untuk mengidentifikasi risiko-risiko potensial terkait keamanan pangan dalam rantai pasokan mereka dan mengimplementasikan kontrol yang diperlukan untuk mengurangi risiko tersebut. Hal ini dapat menghasilkan produk makanan yang lebih aman bagi konsumen.

image
Kepatuhan Hukum

Mengikuti ISO 22000 dapat membantu organisasi memenuhi persyaratan hukum yang berlaku dalam industri makanan. Ini dapat menghindari sanksi hukum dan kerugian finansial yang mungkin timbul karena pelanggaran aturan keamanan pangan.

image
Peningkatan Kualitas Produk

Fokus pada keamanan pangan dalam ISO 22000 juga dapat berdampak positif pada kualitas produk. Organisasi yang mengurangi risiko kontaminasi cenderung menghasilkan produk yang lebih konsisten dan berkualitas tinggi.

image
Pengurangan Risiko

Dengan mengidentifikasi dan mengelola risiko-risiko terkait keamanan pangan, organisasi dapat mengurangi risiko kontaminasi makanan, keracunan makanan, dan insiden serupa yang dapat merusak citra perusahaan dan menyebabkan kerugian finansial.

image
Peningkatan Reputasi

Sertifikasi ISO 22000 dapat meningkatkan reputasi organisasi dalam hal keamanan pangan. Konsumen dan mitra bisnis mungkin lebih percaya pada produk makanan yang berasal dari organisasi yang mematuhi standar internasional ini.

Langkah-langkah Konsultasi ISO 22000

01
Pra-Konsultasi

Langkah awal konsultasi dan sosialisasi program pada seluruh karyawan.

02
Training Awareness

Pemaparan oleh Konsultan tentang persyaratan dan prosedur yang akan diterapkan.

03
Implementasi

Mulai dari GAP Analysis hingga implementasi sistem yang sudah dibuat sesuai persyaratan.

04
Penyusunan Dokumen

Menyiapkan dan menyusun dokumen yang dibutuhkan.

05
Internal Audit

Penilaian oleh pihak internal yang telah mendapatkan Training Internal Audit.

06
Tinjauan Manajemen

Evaluasi hasil Internal Audit dalam rapat Tinjauan Manajemen.

07
Eksternal Audit

Penilaian kesiapan sistem manajemen oleh Lembaga Sertifikasi.

konsultan iso 13485, sertifikasi iso 13485, sertifikasi iso 13485, pelatihan iso 13485, pelatihan iso 13485, konsultasi iso 13485, implementasi iso 13485, implementasi iso 13485, persyaratan ISO 13485, persyaratan ISO 13485

Kesimpulan

Standar ISO 22000 bertujuan untuk membantu organisasi dalam industri makanan untuk memastikan bahwa produk mereka aman untuk dikonsumsi oleh manusia dan memenuhi persyaratan hukum yang berlaku. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi risiko-risiko terkait dengan keamanan pangan dalam rantai pasokan makanan.

×

Halo!

Klik untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi