cara meningkatkan keamanan informasi

Meningkatkan ketahanan keamanan informasi dengan ISO 27001 merupakan langkah krusial dalam menghadapi ancaman siber yang semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi digital. Meskipun banyak organisasi di seluruh dunia masih menjadi korban serangan siber, ISO 27001 telah menjadi pedoman internasional untuk membantu organisasi dalam mengelola dan mempertahankan keamanan informasi. 

Sistem Manajemen Keamanan Informasi atau SMKI ISO 27001 tidak hanya membantu melindungi data sensitif seperti informasi pelanggan dan keuangan, tetapi juga memberikan kerangka kerja yang komprehensif untuk menerapkan, mengelola, dan memelihara keamanan informasi di dalam organisasi. Dengan versi terbaru, yaitu versi 2022, ISO 27001 mengalami beberapa perubahan signifikan yang perlu diperhatikan.

  • Proses: Pembaruan ISO/IEC 27001 tahun 2022 tidak hanya membutuhkan definisi dari sistem manajemen keamanan informasi (SMKI), tetapi juga proses dan dan interaksi yang diperlukan untuk membuat dan memeliharanya.
  • Lampiran A Kontrol: Standar baru telah menggabungkan kontrol dalam standar. Dimana sebelumnya ada 114 kontrol dalam 14 kategori, sekarang ada 93 kontrol dalam 4 kategori.
  • Amandemen editorial: Pentingnya mengenali kata-kata perubahan di seluruh standar, karena hal ini dapat memengaruhi bagaimana persyaratan diimplementasikan.

Baca juga : Penerapan ISO 27001:2022 dalam Cyber Security

5 Tips Meningkatkan Ketahanan Keamanan Informasi      

Untuk meningkatkan ketahanan keamanan informasinya, organisasi harus:

  1. Mengidentifikasi masalah internal dan eksternal yang berpotensi memengaruhi sistem manajemen keamanan informasi, serta mengenali kerentanan dan masalah lainnya. 
  2. Menetapkan kebijakan keamanan informasi yang jelas dan mencakup definisi tanggung jawab, peran, dan wewenang di seluruh perusahaan.
  3. Menetapkan tujuan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS) dan merencanakan tindakan untuk mengatasi risiko dan peluang yang ada.
  4. Memastikan program awareness, pelatihan, dan proses komunikasi untuk karyawan dan pihak-pihak yang terlibat. 
  5. Memantau, mengukur, menganalisis, dan mengevaluasi kinerja sistem manajemen keamanan informasi secara rutin dan berkala.

Baca juga : ISO 27001 ISMS – Sistem Manajemen Keamanan Informasi

Diskusikan kebutuhan Anda

Kami siap memberikan konsultasi dan pendampingan sertifikasi

Hubungi kami sekarang

×

Halo!

Klik untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi