5 perusahaan yang wajib menerapkan iso 27001

Pesatnya perkembangan teknologi digital membuat organisasi menggunakan semua media digital untuk mengatur proses informasi dan data. Bahkan saat ini setiap perusahaan maupun organisasi di seluruh dunia pasti menyimpan semua informasi dan data karyawan yang diperlukan untuk keperluan administrasi dan tak jarang mereka menggunakan fasilitas digital sebagai tempat penyimpanan data. Namun, penggunaan media digital yang dilakukan secara berlebihan tanpa diimbangi dengan sistem keamanan yang efektif tentu saja akan meningkatkan risiko serangan siber.

Untuk membantu organisasi meningkatkan sistem keamanan, badan standarisasi internasional (ISO) memberikan panduan melalui standar ISO 27001. SMKI ISO 27001 adalah standar tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi yang mempunyai kerangka kerja untuk menerapkan, mengelola, dan mempertahankan keamanan informasi dalam suatu organisasi. Selain itu, ISO 27001 juga dapat membantu organisasi dalam melindungi informasi yang penting, termasuk data pelanggan, informasi keuangan, dan informasi rahasia lainnya berdasarkan prinsip keamanan informasi.

Baca juga: Menerapkan pengendalian keamanan teknis sesuai dengan ISO 27001

Pentingnya ISO 27001

Perusahaan tentu menyimpan berbagai informasi dan data pribadi milik karyawan seperti nomor rekening, alamat rumah, slip gaji, jabatan, posisi, latar belakang pendidikan, dsb. Semua informasi ini disimpan oleh perusahaan untuk tujuan administrasi kantor. Namun, informasi yang tersimpan tidak selalu aman terutama dalam era perkembangan teknologi seperti sekarang. Saat ini para peretas semakin ahli dalam melancarkan serangan siber kepada korban dengan menggunakan media digital. Maka dari itu, ISO 27001 hadir untuk membantu melindungi informasi yang tersimpan, khususnya secara digital.

Manfaat bisnis dari standar ISO 27001 sangat besar. Standar ini tidak hanya membantu untuk memastikan bahwa risiko keamanan bisnis tetap dikelola dengan biaya yang efektif, tetapi juga bisa menjadi bukti kepatuhan terhadap perusahaan yang telah meningkatkan sistem keamanan informasi sesuai dengan standar internasional. ISO 27001 sangat penting untuk memantau, meninjau, memelihara, dan meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi perusahaan.

Baca juga: Pengelolaan kontrol akses dalam ISO 27001

Jenis perusahaan yang wajib menerapkan ISO 27001

Jenis perusahaan yang wajib dan direkomendasikan menerapkan ISO 27001 yaitu:

  1. Perusahaan yang menangani data sensitif seperti sektor kesehatan
  2. Perusahaan penyedia layanan cloud, hosting, dan teknologi digital
  3. Perusahaan harus mematuhi regulasi yang berlaku
  4. Perusahaan yang sangat rentan terkena serangan siber seperti sektor keuangan
  5. Perusahaan yang memiliki tujuan bisnis untuk bisa memberikan keunggulan kompetitif dan dapat bersaing di pasar internasional maupun dalam negeri

Baca juga: 4 keuntungan pelatihan ISO 27001 bagi perusahaan

Diskusikan kebutuhan Anda

Kami siap memberikan konsultasi dan pendampingan sertifikasi

Hubungi kami sekarang

×

Halo!

Klik untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi